26 Mei 2016

Satelit Abadikan fenomena Awan 'Aneh' pada Samudra Hindia


Awan berbentuk anehterlihat pada foto yang diambil sang gambaran satelit pada sebuahgunung berapi.

Foto yg diabadikan operational land imager di satelit landsat 8, menunjukkan pusaran pada langit dekat zenit mawson di pulau heard. Area itu berlokasi pada samudra hindia dan  adalah bagian berasal australia.

Zenit mawson (dua.745 meter) ialah wilayah tertinggi di pulau itu, demikian dari earth observatory milik nasa yang merilis penampakan awan pada 8 mei lalu.

Pulau heard terletak 4000 kilometer dari australia dan  1000 kilometer dari antartika. Walaupun tempatnya terpencil, lokasi tersebut dihuni sang satwa liar.

Sinkron informasi pemerintah australia, 4 jenis penguin tinggal di sana, berdampingan menggunakan 15 burung, albatros dan  petrol. Selain itu terdapat gajah laut, anjing bahari antartika, serta anjing bahari sub-antartik yg mengakibatkan lokasi itu sebagai tempat berkembang biak.

Pulau heard mempunyai panjang 40 kilometer serta merupakan pulau yg masih berkembang. Hal tersebut ditunjukan memakai mengalirnya lava dari gunung berapibig ben  berasal tahun 1980.

Sementara itu, wilayah yang tidak dilewati lava tertutup sang es. Dari pemerintah australia, 70 % pulau tersebut secara permanen tertutup es.

Tetapi tidak terdapat satu pun pemandangan kehidupan di pulau heard yang diambil oleh satelit selain penampakan awan menggunakan bentuk melingkar. Berdasarkan ilmuwan, pola udara di wilayah tadi terganggu akibat kegiatan puncak   mawson.

Dikutip dari livescience, senin (23/5/2016), bentuk bundar jelas di pada awan dinamakan von karman vortices, sama memakai fisikawan yang menggambarkan kenyataan alam tersebut, theodorevonkarman.

Sebenarnya peristiwa awan berbentuk tidak biasa itu bukan pertama kalinya terjadi. Pada 2012, nasa merilis foto saint helena, sebuah pulau vulkanik pada samudra atlantik selatan yang menampakkan bentuk awanserupa.

Selain itu, bentuk awan tersebut juga terlihat pada pulau gadalupe, samudra pasifik, pada tahun yang sama.

Sesuai informasi pemerintah australia, pulau heard adalah lokasi yang dingin, berawan, basah, serta  berangin.

Di pulau tadi, vortices bukanlah satu-satunya kumpulan awan yang bisa dicermati pada puncak mawson. Sebelumnya terlihat awan berbentuk gulungan, kubah, juga lenticular.



Sumber : http://redaksi.co.id


0 komentar:

Workshop :

Jl. Cagak No. 3
Ciparay-Bandung
Hp : 081366903994
Email : donny79itn@gmail.com