2 Januari 2020

Cara Mendapatkan Peta Citra Satelit Resolusi Tinggi dengan Mudah


Bagi Anda yang suka melihat lokasi dengan google earth, pasti sudah tidak asing dengan peta citra satelit. Di zaman yang semakin canggih seperti saat ini, melihat peta lokasi walaupun jaraknya sangat jauh bukan lagi hal mustahil. Keberadaan satelit mampu menghapus jarak hingga Anda bisa melihat kenampakan kondisi alam di belahan bumi manapun.
Citra satelit merupakan sarana untuk melihat dan mengamati penampakan bumi dengan lebih jelas. Selain sebagai sumber informasi untuk mengetahui penampakan bumi, citra satelit juga memiliki banyak manfaat lainnya. Pemanfaatan citra satelit sangat luas dan mencakup berbagai bidang penting, mulai dari pengembangan wilayah, pengolahan lahan, intelejensi hingga penanggulangan bencana.
Citra satelit dengan kualitas bagus mampu menampilkan gambar dan rekaman dengan resolusi tinggi. Hasil gambar yang ditampilkan bisa sangat detail sehingga Anda bisa melihat semua bagian suatu wilayah dengan jelas saat melakukan zooming. Keunggulan ini pastinya bisa membuat Anda bisa mendapatkan gambar atau peta dengan sangat jelas dari objek atau lokasi yang Anda inginkan.
Kebutuhan yang semakin meningkat akan peta citra satelit, membuat beberapa orang kadang harus mendownload dan menyimpannya. Akan tetapi citra satelit hanya bisa menampilkan gambaran penampakan suatu wilayah. Maka dari itu jika ingin menyimpannya, Anda harus melakukan upaya sendiri. Salah satunya dengan download rekaman citra satelit dengan bantuan beberapa aplikasi tambahan.

Cara Download Peta Citra Satelit Dari Google Earth

Google earth merupakan fitur paling populer yang biasa digunakan untuk melihat penampakan bumi di berbagai belahan bumi manapun. Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa melihat penampakan suatu wilayah dengan cukup jelas tanpa harus mendatangi tempat tersebut secara langsung.
Selain dapat dilihat, hasil citra satelit dari Google Earth ternyata juga bisa didownload atau disimpan. Akan tetapi untuk bisa menyimpannya, dibutuhkan aplikasi tambahan, yaitu menggunakan aplikasi Universal Map Downloader. Untuk menggunakannya, silahkan ikuti langkah berikut :
1.      Download aplikasi Universal Map Downloader.
Sebelum bisa menyimpan peta citra satelit dari google earth terlebih dahulu Anda harus download aplikasi Universal Map Downloader. Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda bisa mencoba mencari link download yang banyak terdapat di internet.
2.      Siapkan titik koordinat dengan melihat dari google map.
3.      Buka aplikasi.
Setelah aplikasi siap dan titik koordinat yang ingin disimpan telah siap, selanjutnya buka aplikasi Universal Map Downloader. Pada taks name, silahkan isi nama file seperti nama projek yang ingin Anda buat.
4.      Pilih maps tipenya.
Dalam aplikasi Universal Map Downloader, terdapat beberapa tipe maps yang bisa Anda pilihan. Untuk kali ini silahkan Anda memilih tipe maps google satelit maps.
5.      Pilih zoom level.
Sebelum menyimpan hasil download-an, Anda bisa memilih nilai zoom level untuk wilayah yang ingin Anda simpan citra satelitnya. Aplikasi Universal Map Downloader menyediakan beberapa pilihan nilai zoom hingga maksimal 21. Semakin besar nilai zoom level maka akan semakin detail hasil gambarnya.

Gunakan Aplikasi SAS Planet untuk Mendapatkan Peta Satelit Resolusi Tinggi

Selain menggunakan aplikasi Universal Map Downloader, untuk bisa menyimpan peta atau gambar dari citra satelit, Anda juga bisa menggunakan aplikasi SAS planet. Jika ingin mencoba menggunakannya, bisa ikuti langkah berikut ini :
1. Download aplikasi SAS Planet.
Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum bisa mendapatkan peta citra satelit adalah download aplikasi SAS planet terlebih dahulu. SAS planet sendiri merupakan aplikasi untuk download citra satelit dengan resolusi tinggi yang bisa digunakan secara gratis. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mencari link download aplikasi SASplanet.exe ini di internet.
2. Buka aplikasi.
Setelah aplikasi SAS Planet berhasil Anda download, selanjutnya buka aplikasi tersebut kemudian ubah tampilan sesuai dengan kebutuhan. Untuk menggantinya, cukup pilih menu Maps dan pilih tipe citra satelit yang ingin Anda sinkronkan seperti Google satelit atau Bing Maps satellite.
3. Cek tingkat resolusi.
Setelah peta citra satelit yang ingin Anda download ditampilkan, selanjutnya Anda bisa memilih tingkat resolusi dari citra tersebut. Untuk mendapatkan gambar yang jelas, Anda bisa memilih tampilan zoom. Semakin besar nilai zoom level, maka akan semakin detail gambar yang dihasilkan. Nilai zoom level maksimal bisa mencapai zoom 20.
4. Pilih area dan download.
Untuk mendapatkan peta gambaran satelit yang diinginkan, Anda harus pilih area of interest (AOI) terlebih dahulu. Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan jendela seperti Map, Zoom, Try to download, dan overwrite old files. Ceklis semua menu tersebut kemudian klik start untuk memulai mengunduh. Setelah berhasil didownload, jangan lupa save data citra satelit tersebut.

Pilih Aplikasi dengan Level Zoom Maksimal Agar Gambar Peta Citra Satelit Semakin Detail

Perkembangan teknologi pastinya membuat aplikasi untuk download citra satelit juga semakin canggih dan berkembangan. Salah satu contohnya adalah semakin banyak bermunculan aplikasi yang menawarkan proses download gambaran citra satelit dengan mudah bahkan bisa menggunakan smartphone sekalipun.
Walaupun semakin banyak pilihan aplikasi yang bisa Anda dapatkan, akan tetapi pastikan Anda mampu memilih aplikasi terbaik. Aplikasi terbaik adalah yang mampu memberikan hasil gambar secara detail dan jelas. Salah satu caranya yaitu perhatikan berapa saja pilihan nilai level zoom yang disediakan. Aplikasi terbaik menawarkan pilihan hingga 20 level zoom sehingga gemar yang dihasilkan akan sangat jelas dan detail.
Demikian ulasan menarik tentang beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mendownload dan menyimpan rekaman citra satelit. Hasil rekaman citra satelit memang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Maka dari itu tidak heran jika dalam beberapa kesempatan, Anda butuh untuk menyimpan hasil rekaman agar bisa jadi peta citra satelit yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

0 komentar:

Workshop :

Jl. Cagak No. 3
Ciparay-Bandung
Hp : +6281380210188
Email : citraspasial@gmail.com